Wawancara Putri Diana: ‘Saya tidak pernah ingin menyakiti Diana’, klaim Martin Bashir

Diperbarui 2 jam dengan lalu Sumber gambar, Getty Images Martin Bashir mengatakan dia “tidak pernah ingin menyakiti” Diana, Princess of Wales, dengan wawancara Pemandangan di tahun 1995 serta menambahkan: “Saya tidak percaya kami telah melakukannya. “

Princess Diana

Sumber gambar, Getty Images

Martin Bashir mengatakan dia “tidak pernah ingin menyakiti” Diana, Princess of Wales, dengan ramah Panorama di tahun 1995 dan menambahkan: “Saya tidak percaya kami telah melakukannya. ”

Mantan pewarta BBC ini menggunakan tipuan untuk melakukan wawancara, menurut penyelidikan independen.

Berbicara kepada Sunday Times, Bashir mengatakan dia “sangat menyesali” barang apa yang dilakukannya pada anak Diana, Dukes of Cambridge dan Sussex.

Menangkap juga:

Namun, dia menolak klaim Pangeran William bahwa dia telah menyulut paranoia, dan mengatakan ia memiliki ikatan yang dekat dengan Diana dan dia “menyayangi [Diana]”.

Bashir mengatakan kepada surat kabar itu bahwa bahkan di mula 1990-an, ada cerita serta panggilan telepon yang direkam secara diam-diam dan tempat “bukan sumber dari semua itu”.

Bashir mengatakan Diana tidak pernah tidak suka dengan isi wawancara kontroversial tersebut dan mengatakan itu tetap berteman setelah agenda itu ditayangkan.

Saat hidup Bashir melahirkan anak ketiga, sang putri bahkan mengunjunginya di rumah sakit, cakap Bashir.

Martin Bashir

Sumber tulisan, Getty Images

“Semua dengan kami lakukan dalam ramah itu seperti yang tempat inginkan, dari saat tempat ingin memberi tahu bagian istana, saat wawancara itu disiarkan, hingga isi daripada wawancara itu, ” katanya kepada surat kabar itu.

Dia berkomentar juga bahwa dia telah menunjukkan pada saudara Diana, Earl Spencer, pernyataan bank palsu & berkata: “Jelas saya menyesal, itu salah. Tapi tersebut tidak ada hubungannya secara apa pun. Itu tidak ada hubungannya dengan [Diana], itu tidak tersedia hubungannya dengan wawancara. ”

Wawancara itu dilakukan sesudah mantan direktur jenderal BBC, Lord Hall, mengundurkan muncul sebagai ketua Galeri Nasional pada Sabtu pagi, setelah dia dikritik habis-habisan akibat hasil penyelidikan tersebut.

Pembukaan pekan ini, Earl Spencer mengatakan kepada Panorama kalau dia “menarik garis” kurun pertemuan Bashir dan kematian Diana.

Dia mengucapkan tindakan Bashir membuatnya meniadakan fasilitas keamanan kerajaan yang diterimanya.

Tetapi Bashir berkata: “Saya tidak ngerasa saya dapat dianggap bertanggung jawab atas banyak peristiwa lain yang terjadi di hidupnya dan masalah kompleks seputar keputusan itu.

“Saya dapat memahami motivasi [dari komentar Earl Spencer] tetapi untuk meletakkan tragedi tersebut, ikatan yang sulit antara Tim Kerajaan dan media hanya di pundak saya, terasa sedikit tidak masuk budi… Bahwa saya bertanggung jawab secara tunggal atas hal itu, menurut saya tak masuk akal dan tidak adil. ”

Ketika ditanya apakah dia dapat menoleransi dirinya sendiri, dia dilaporkan berkata:

“Itu pertanyaan yang sangat sulit sebab itu adalah kesalahan dengan serius. Saya berharap orang-orang akan memberi saya kesempatan untuk menunjukkan bahwa hamba benar-benar bertobat atas apa yang terjadi. ”

Earl telah meminta Kepolisian Metropolitan untuk menyelidiki BBC.

Pokok pekan ini, kepolisian mengucapkan akan menilai laporan Dyson “untuk memastikan tidak tersedia bukti baru yang signifikan”, setelah sebelumnya memutuskan buat tidak melakukan penyelidikan kriminal.

Apa yang terjadi?

Besar puluh lima tahun awut-awutan, program Panorama milik BBC berhasil melakukan wawancara secara narasumber yang paling dicari oleh media di negeri: Diana, Princess of Wales. Sekarang, putranya sekaligus pewaris takhta Inggris, Pangeran William dan juga Pangeran Harry melancarkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya kepada institusi media ini berasaskan wawancara tersebut.

Program Pemandangan yang ditonton oleh 23 juta orang di Inggris itu menjadi momen yang menentukan bagi reporter Martin Bashir.

Princess Diana wearing a hat

Sumber gambar, Getty Images

Namun setelah tuduhan bahwa Bashir mengecoh si putri agar mendapat kepercayaannya kembali muncul tahun morat-marit, BBC membuka penyelidikan swasembada yang dipimpin oleh bekas hakim Mahkamah Agung, Lord Dyson.

Hasil penyelidikan itu menyatakan Bashir sebagai reporter yang “tidak dapat diandalkan”, “licik”, dan “tidak jujur”.

Bashir dikatakan memakai taktik menipu untuk memperoleh wawancara dengan Diana, lalu berbohong kepada para eksekutif BBC.

Pasca penyelidikan tersebut, BBC kemudian merilis “permintaan maaf tanpa syarat” akan cara Bashir mendapatkan ramah dengan Putri Diana.

Apa yang dikatakan Putri Diana kepada Panorama?

Wawancara yang disiarkan pada akhir 1995 dalam program Panorama tersebut adalah berita besar untuk BBC.

Belum pernah ada sebelumnya seorang anggota kerajaan aktif yang berbahasa dengan begitu jujur dalam depan kamera tentang kehidupan sebagai Keluarga Kerajaan maupun hubungannya dengan bangsawan lain.

Dalam wawancara tersebut, Anak Diana:

  • mengaku berselingkuh
  • berceloteh bahwa perselingkuhan Pangeran Charles dengan Camilla Parker Bowles (kini menjadi istrinya, secara gelar Duchess of Cornwall) telah membuat dirinya merasa tidak berharga
  • berujar tentang adanya “tiga orang” dalam pernikahannya
  • mengaku pernah mengidap bulimia dan menyakiti muncul sendiri
  • secara tak langsung berkata bahwa Pangeran Charles tidak hendak bisa menjadi seorang indra
  • berkata kalau staf kerajaan Pangeran Charles melakukan penentangan terhadap dirinya

Lebih lantaran 20 juta orang menonton wawancara yang mengakibatkan pertengkaran besar-besaran itu.

Tak periode setelah tayangan itu mengudara, Ratu Elizabeth menulis surat kepada Pangeran Charles serta Putri Diana, meminta itu untuk bercerai.

Siapa Martin Bashir?

Pada 1995, era terungkap bahwa Bashir lulus mendapatkan wawancara dengan Anak Diana, banyak yang terjaga. Bashir kala itu ialah reporter junior dan tidak diketahui memiliki latar belakang atau kontak dekat dengan Kerajaan Inggris.

Namun fakta bahwa Lady Diana mengizinkan diwawancara menutupi pertanyaan mengenai bagaimana Bashir mendapat kepercayaan sang narasumber.

Beberapa tarikh setelah wawancara tersebut, Bashir bekerja untuk program ITV, Tonight With Trevor McDonald, dan sejumlah jaringan televisi di Amerika Serikat.

Tempat kembali ke Inggris dalam 2016 dan kembali bekerja untuk BBC sebagai editor di bidang keagamaan — posisi yang kemudian ditinggalkannya saat ia mengundurkan muncul karena kesehatan yang memburuk pada pertengahan Mei lulus.

Apa yang dilakukan Martin Bashir?

Laporan yang disusun oleh Lord Dyson mengatakan Bashir menggunakan tipuan untuk mendapatkan wawancara dengan Diana.

Dia menunjukkan laporan rekening koran palsu kepada Earl Spencer, adik laki-laki Diana, yang seperti memperlihatkan bukti pembayaran oleh sebuah surat kabar dan dinas intelijen kepada bekas anggota stafnya untuk memperhatikan gerakan Putri Diana.

Tersebut, sebut laporan Lord Dyson, dilakukan Bashir untuk memperoleh kepercayaan Earl Spencer sehingga ia mau memperkenalkan dirinya kepada Diana.

Lord Dyson mengatakan ia tidak yakin kapan persisnya “informasi” buatan itu diciptakan. Namun, penyelidikan BBC menunjukkan informasi perkara rekening koran itu dibuat tak lama setelah pertemuan pertama Spencer dan Bashir.

Bashir mengakui bahwa rekening koran abal-abal tersebut dibuat oleh anggota tim grafis yang juga bekerja di BBC.

Meski begitu, zaman ditanyai oleh jajaran pimpinan di BBC, Bashir berulang kali menyangkal telah menunjukkan laporan palsu itu kepada Earl Spencer.

Keterangan penyelidikan menuliskan bahwa Bashir “berbohong dan terus membela kebohongannya sampai ia menyadari kebohongan itu tidak sanggup dilanjutkan lagi. Ini ialah perilaku paling tercela serta menimbulkan keraguan besar pada kredibilitasnya secara umum”.

Putri Diana wawancara di program Panorama

Apa kata laporan itu tentang BBC?

BBC memperoleh kritik keras dalam petunjuk itu.

Setelah keberadaan bon koran palsu itu dipublikasikan oleh surat kabar Mail pada Minggu, di introduksi 1996, penyelidikan internal membuktikan Bashir, program Panorama, & BBC News tidak bersalah.

Direktur pemberitaan yang menginisiasi penyelidikan pada saat itu adalah Tony Hall, saat ini bergelar Lord Hall, dengan kemudian menjadi direktur jenderal BBC.

Meski begitu, Laporan Dyson mengatakan bahwa pengkajian internal tersebut tidak penuh karena tidak mewawancarai Earl Spencer — sesuatu dengan disebut sebagai “kesalahan besar” oleh Dyson.

Dyson selalu berkata penyelidikan terdahulu tidak memperlakukan Bashir dengan “skeptisisme dan kewaspadaan yang diperlukan”, mengingat Bashir sebelumnya sudah mengaku memalsukan rekening koran (sesuatu yang merupakan pengingkaran serius dari aturan BBC) dan tidak dapat menyampaikan “alasan yang masuk akal” mengapa dia melakukannya.

Petunjuk Dyson juga mengatakan BBC menutup-nutupi fakta tentang bagaimana Bashir mendapatkan wawancara tersebut.

Dyson juga mengkritik BBC karena mengelak memberikan peryataan kepada pers, dan mengatakan, “tanpa pembenaran, BBC telah gagal memenuhi standar perilaku dan transparansi yang ialah ciri khasnya”.

Bagaimana tanggapan BBC atas laporan tersebut?

BBC mengatakan laporan itu memperlihatkan “kegagalan yang jelas” dan meskipun sekarang BBC telah menetapkan prosedur yang lebih baik, “aturan yang ada di waktu itu seharusnya dapat mencegah wawancara didapatkan dengan cara seperti itu.

“BBC seharusnya berusaha lebih keras untuk mengungkap barang apa yang sebenarnya terjadi periode itu dan lebih terang tentang apa yang mereka ketahui. ”

Martin Bashir telah meminta maaf berasaskan rekening bank palsu — yang dikatakannya sebagai “hal bodoh untuk dilakukan” — tetapi disebutnya tak ada sangkut-paut dengan keputusan Anak Diana untuk setuju diwawancarai olehnya.

Dalam sebuah pemberitahuan, Lord Hall mengakui kesalahannya telah “menganggap apa yang dikatakan [Martin Bashir] benar” pada waktu itu.

Apa yang dikatakan Tim Kerajaan?

Pangeran William dan Pangeran Harry telah berbahasa tentang rasa sakit miring yang mereka rasakan akibat wawancara tersebut.

Pangeran William berkata bahwa Diana “dikecewakan bukan hanya oleh seorang reporter yang kelewat pemisah, tapi juga oleh para-para pemimpin BBC yang memastikan melihat ke arah lain ketimbang mengajukan pertanyaan-pertanyaan keras”.

Princess Diana and Prince Charles wave to onlookers from the balcony at Buckingham Palace just after their wedding, attended by young members of the bridal party

Sumber gambar, Getty Images

William juga berkata ramah tersebut memberi “kontribusi tinggi atas memburuknya hubungan wali saya”.

Pangeran Harry berceloteh bahwa “efek riak lantaran budaya eksploitasi dan praktik tidak etis” pada kesimpulannya merenggut nyawa ibunya.

Bagaimana Putri Diana meninggal dunia ?

Putri Diana adalah ibu dari Pangeran William serta Pangeran Harry.

Dia menikah dengan Pangeran Wales, pewaris takhta Kerajaan Inggris, pada Katedral St. Paul di London, pada 1981.

Bagian ini berpisah pada 1992 dan bercerai pada 1996.

Sang Putri meninggal negeri pada 1997, setelah mobil yang ia tumpangi menjalani kecelakaan di terowongan Pont de l’Alma di Paris.

Temannya, Dodi Al Fayed, dan sopir mereka, Henri Paul, juga meninggal dunia pada kecelakaan itu.

Pengawal Al Fayed, Trevor Rees-Jones, selamat.

Penyelidikan menunjukkan adanya kandungan 175 miligram alkohol per 100 mililiter pada darah Paul, yang taat hukum Prancis, melebihi batas yang diperbolehkan.

Saat dia mengebut untuk melarikan muncul dari kejaran fotografer dengan mengikuti mobil mereka, dia kehilangan kendali dan mobil menabrak ke pilar semen.