Covid di India: Foto-foto sebab berbagai rumah sakit & krematorium yang menggambarkan ‘tsunami’ virus corona

enam jam yang lalu Sumber gambar, Reuters India diterjang ‘tsunami Covid’ dalam kira-kira hari terakhir. Sedemikian melonjaknya kasus-kasus Covid-19, berbagai vila sakit dari New Delhi hingga pelosok daerah menentang pasien karena kehabisan oksigen dan ranjang.

india, covid

Sumber gambar, Reuters

India diterjang ‘tsunami Covid’ dalam beberapa keadaan terakhir. Sedemikian melonjaknya kasus-kasus Covid-19, berbagai rumah sakit dari New Delhi hingga pelosok daerah menolak penderita karena kehabisan oksigen dan ranjang.

Kekurangan oksigen juga dialami ambulans-ambulans sehingga semakin sulit untuk sejumlah keluarga untuk mendatangkan sanak saudara mereka ke rumah sakit, itu pun jika ada ranjang di rumah sakit.

Di Delhi, khususnya, situasi sangat kritis mengingat banyak orang meninggal dunia di rumah melempem karena kekurangan oksigen.

Bervariasi rumah sakit juga kudu menolak calon pasien karena tidak ada ranjang teristimewa yang tersedia. Kondisi ini diperparah oleh semakin letihnya para tenaga kesehatan.

Baca pula:

india, covid

Sumber gambar, REUTERS/Danish Siddiqui

india, covid

Sumber gambar, EPA

india, covid

Sumber gambar, Getty Images

Krematorium juga kewalahan

Hasil melonjaknya kasus-kasus Covid-19 selalu tampak dari berbagai krematorium di India. Banyak anak harus menunggu berjam-jam buat melakukan upacara pelepasan jenazah. Kemudian, karena beberapa tanah air kekurangan tempat, kremasi massal pun diselenggarakan.

Menangkap juga:

india, covid

Sumber gambar, Reuters

Para wartawan pada berbagai kota mempertanyakan angka resmi kematian. Mereka kerap menghabiskan waktu berhari-hari beruang di luar krematorium me jumlah orang yang wafat dunia. Estimasi mereka membuktikan angka kematian di kira-kira kota mencapai 10 kala lipat lebih tinggi lantaran yang dilaporkan pemerintah.

Pekan lalu, BBC Gujarat melaporkan sebuah krematorium di Praja Surat beroperasi sedemikian periode sampai sebagian cerobongnya berlinang karena panas. Namun, para pejabat belum merevisi jumlah resmi kematian.

india, covid

Sumber tulisan, EPA

india, covid

Sumber gambar, Reuters

india, covid

Sumber gambar, Reuters

india, covid

Sumber gambar, Sumit Kumar

india, covid

Sumber gambar, EPA

Semua foto dilindungi benar cipta